Kamis, 11 Maret 2010

Reward

Jenis- jenis reward

Terdapat bermacam-macam reward yang dapat digunakan dalam menerapkan disiplin pada anak. Namun, dari penelitian mengenai efektifitas reward, disebutkan ada 3 jenis reward yang terbaik, yaitu :
a. Pujian
Semua anak senang jika diberikan pujian. Pujian tidak hanya membuat mereka merasa puas, tetapi yang lebih penting, pujian menambah rasa aman pada anak. Pujian membuat anak menyadari bahwa mereka adalah anggota kelompok yang diterima karena itu, pujian adalah reward yang terbaik yang dapat diberikan kepada anak yang menampilkan tingkah laku yang baik. Menurut pendapat lama ( convensional ), pujian harus di berikan secara hemat karena bisa menyebabkan anak bisa menjadi sombong. Tetapi bagaimanapun belum ada bukti ilmiah yang mendukung pendapat itu. Bahkan sebaliknya, suatu penelitian tentang pengaruh pemberian pujian secara meyakinkan menunjukan bahwa pemberian pujian tidak membuat anak menjadi sombong, melainkan mendorong keinginan untuk tetap baik karena mengharapkan diulanginya reward yang menyanangkan.

b. Hadiah
Selain pujian, hadiah yang kecil yang sederhana adalah reward yang bagus untuk anak-anak. Tentunya hadiah ini tanpa dijanjikan sebelumnya. Pada saat anak bertingkah laku baik, atau ia telah berusaha untuk bertingkah laku baik dalam suatu keadaan yang cukup sulit baginya, pemberian hadiah akan membuat anak akan merasa bahwa usahanya bermanfaat. Pemberian hadiah sebagai ganjaran harus spontan. Saat penting ( “ Psychological moment” ) pemberian hadiah adalah dari awal sampai akhir semangat anak dalam mencoba melakukan apa yang diharapkan, atau pada saat anak berkecil hati mencobanya. Hadiah untuk anak kecil tidak perlu yang mahal. Kejutan dan kesenangan dalam pemberian hadiah mempunyai arti yang lebih dari pada benda itu sendiri.

c. Perilaku yang menyenangkan
Perlakuan yang menyenangkan seperti pergi ke toko untuk membeli es krim, pergi ke kebun binatang dan lain sebagainya, juga dapat sebagai reward untuk tingkah laku yang baik. Seperti juga hadiah, perlakuan yang menyenangkan ini tidak dijanjikan sebelumnya, meskipun orang tua telah mempersiapkannya. Perlakuan ini dipersiapkan untuk saat dimana tingkah laku atau usaha anak bertingkah laku baik patut untuk diberi penghargaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian reward adalah dalam pemberian reward sebaiknya dikatakan kepada anak bahwa reward tersebut diberikan karena anak telah bertingkah laku baik, sesuai dengan yang diharapkan oleh orang tuanya. Hal ini penting agar anak menangkap langsung bahwa tingkah lakunya tersebut sangat dihargai dan diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar