Kamis, 11 Maret 2010

GANGGUAN KECEMASAN

GANGGUAN KECEMASAN

Gangguan kecemasan mencakup sekelompok gangguan dimana kecemasan merupakan gejala utamanya, yang berupa kecemasan menyeluruh dan gangguan panik ataupun kecemasan yang dialami jika individu berusaha mengendalikan perilaku maladaptive tertentu yang dialaminya (phobia dan gangguan obsesif-kompulsif).

1. Gangguan kecemasan menyeluruh dan gangguan panik
Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan menyeluruh (generalized anxiety disorder) setiap hari hidupnya dalam keadaan tegang. Pendewrita merasa serba salah atau khawatir serta cenderung memberi reaksi yang berlebihan terhadap stress yang ringan. Keluhan fisik yang muncul antara lain: tidak tenang, tidur terganggu, kelelahan, sakit kepala, pening, dan jantung bertdebar-debar dan sulit sekali untuk berkonsentrasi atau mengambil keputusan.
Penderita yang mengalami kecemasan menyeluruh juga dapat mengalami serangan panik (panic attack). Serangan ini juga ditandai dengan gejala-gejala fisik seperti: kehabisan nafas, berkeringat, otot-otot bergetar, pusing dan rasa muak.

2. Phobia
Penyebab munculnya phobia adalah stimulus atau situasi tertentu yang menurut kebanyakan orang adalah biasa dan tidak berbahaya. Beberapa macam phobia menurut Atkinson dkk, 1992.,Chaplin,1995 :
• Acrophobia : ketakutan terhadap ketinggian
• Agoraphobia : ketakutan pada tempat terbuka
• Claustophobia : ketakutan pada tempat tertutup
• Hemaphobia : ketakutan pada darah
• Nyctophobia : ketakutan pada kegelapan
• Enophobia : ketakutan pada orang asing
• Zoophobia : ketakutan pada binatang tertentu
• Phobia sekolah : phobia pada anak kecil yang takut berpisah dengan orang tuanya, karena harus sekolah

3. Gangguan obsesif-kompulsif
Penderita gangguan obsesif-kompulsif merasakan keterpaksaan berpikir tentang hal-hal yang tidak ingin mereka pikirkan atau melakukan hal-hal yang tidak mereka inginkan. Obsesi adalah gangguan terus menerus dari pikiran atau bayangan yang tidak diinginkan. Kompulsif adalah kedesakan yang tidak tertahankan untuk melakukan tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar