Kamis, 11 Maret 2010

Pengertian Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar

Sebelum memabahas lebih jauh mengenai motivasi belajar, maka akan diuraikan terlebih dahulu pengertian dari motivasi secara umum. Menurut Hillgard dan Russel (dalam Afshyus Salamah, 2006), motivasi dapat diartikan sebagai proses perubahan tenaga dalam diri seseorang, yang lebih ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi mencapaitujuan. Sedangkan menurut Woodworth dan Marquis (dalam Afshyus Salamah, 2006), mengatakan bahwa motivasi adalah satu set motif atau kesiapan yang menjadikan individu cenderung melakukan kegiatan-kegiatan tertentu dan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Menurut kebanyakan definisi, motivasi mengandung tiga komponen pokok yaitu menggerakan, yang berarti menimbulkan kekuatan pada individu. Menggerakan, yang berarti menyalurkan tingkah laku terhadap sesuatu, menopang tingkah laku manusia, yakni lingkungan sekitar harus menguatkan (Reinforce) intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu (Purwanto, 2003).
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah dorongan-dorongan dari dalam diri seseorang, yang menjadikan individu cenderung melakukan kegiatan-kegiatan tertentu dan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu pula.
Brophy (dalam Afshyus Salamah, 2006) pengertian dari motivasi belajar adalah suatu kecenderungan siswa untuk melakukan kegiatan akademi yang berarti dan berguna, untuk meraih hasil yang baik dari kegiatan tersebut. Selanjutnya menurut Winkle (dalam Afshyus Salamah, 2006), mengatakan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan menimbulkan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan.
Pengertian lain dikemukakan oleh Wlodkowski dan Jaynes (dalam Afshyus Salamah, 2006), bahwa motivasi belajar merupakan suatu proses internal yang ada dalam diri seseorang yang memberikan gairah atau semangat dalam belajar, mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar, dimana terdapat pemahaman dan pengembangan belajar, dijelaskannya lagi, bahwa membantu anak dalam mengembangkan sebuah motivasi belajar dalam pengertian kependidikan secara luas yaitu menilai dan menyenangi membaca, menulis, berpikir, menghitung, memecahkan masalah dan hal yang serupa lainnya.
Dari uraian diatas, yang dimaksud dengan motivasi belajar dari penelitian ini adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga anak tidak hanya belajar namun juga menghargai dan menikmati belajarnya.

1 komentar:

  1. Thanks Mas Ryano!sangat membantu Pengertian Motivasi Belajar dan Faktor2 yang mempengaruhi...

    BalasHapus