Selasa, 27 April 2010

Mengenal Tunagrahita

Mengenal Tunagrahita
Tunagrahita merupakan kata lain dari Retardasi Mental (mental retardation) Tuna berarti merugi, dan Grahita berarti pikiran. Jadi Tunagrahita itu adalah suatu penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami Retardasi Mental atau ketidakmampuan untuk berpikir.
Tunagrahita sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut:
1. Lemah fikiran ( feeble-minded)
2. Terbelakang mental (Mentally Retarded)
3. Bodoh atau dungu (Idiot)
4. Pandir (Imbecile)
5. Tolol (moron)
6. Oligofrenia (Oligophrenia)
7. Gangguan Intelektual
Anak tunagrahita memiliki fungsi intelektual tidak statis. Kelompok tertentu, termasuk beberapa dari down syndrom, memiliki kelainan fisik (Cacat) dibanding teman-temannya, tetapi mayoritas dari anak tunagrahita terutama yang tergolong ringan, terlihat sama seperti yang lainnya atau dengan kata lain tidak ada gejala yang nampak sehingga kita lalai dalam menanggulanginya.
Dari kebanyakan kasus banyak anak tunagrahita terdeteksi setelah masuk sekolah. Tes IQ mungkin bisa dijadikan indikator dari kemampuan mental seseorang untuk menentukan apakah anak tersebut memiliki kemungkinan mengalami Tunagrahita. Kemampuan adaptif seseorang tidak selamanya tercermin pada hasil tes IQ. Latihan, pengalaman, motivasi, dan lingkungan sosial sangat besar pengaruhnya pada kemampuan adaptif seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar