Selasa, 27 April 2010

MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK AUTIS

MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK AUTIS

Siswa autistik sering harus berjuang keras agar dapat tetap duduk, tetap fokus, dan bertahan dalam mengerjakan tugas. Namun dengan dukungan serta penyesuaian yang tepat, siswa-siswa ini mampu meningkatkan waktu mereka fokus sambil tetap merasa nyaman bahkan pada saat diberikan instruksi dengan durasi lebih lama. Dalam artikel ini, lima pilihan diberikan untuk membantu para siswa 'bertahan' dalam situasi seperti tersebut diatas.
1. Berikan mereka kesempatan untuk 'menyibukkan diri'
Beberapa siswa dapat bersikap lebih tenang bilamana mereka memiliki obyek tertentu untuk dimanipulasi sepanjang pelajaran berlangsung. Ada yang senang mencabuti benang dari secari kain, ada yang melipat-lipat sedotan yang dapat dibengkokkan, ada juga yang berulang kali melipat-lipat kertas membentuk berbagai jenis origami.
Mereka yang memiliki kebutuhan seperti ini, bisa ditawarkan untuk memegang bola lentur yang dapat ditekan-tekan, sedotan, rangkaian manik-manik, karet gelang, ataupun gantungan kunci yang memiliki banyak gantungan. Bila mungkin, berikan pada siswa benda-benda yang berkaitan dengan isi materi pembelajaran. Misal, siswa yang senang menggenggam bola, berikan ia bola berbentuk globe pada saat seluruh kelas sedang belajar tentang bumi. Sambil anak diberi kesempatan untuk melepaskan stres-nya, guru melakukan tanya jawab sederhana seperti 'kamu sedang menekan negara apa sekarang?' sehingga anak memperhatikan negara-negara yang ada pada globe tersebut.

2. Perbolehkan mereka untuk menggambar atau mencoret-coret
Memperbolehkan siswa menggambar juga merupakan teknik yang cukup efektif. Sayangnya hal ini sering dipandang sebagai perilaku 'menghindari tugas' oleh para guru. Banyak pelajar dengan kebutuhan maupun tidak, tampaknya lebih mampu berkonsentrasi pada sebuah pembelajaran atau aktifitas ketika mereka diberikan kesempatan untuk menggambar di sebuah buku notes, menulis di buku mereka, membuat sketsa, atau bahkan (tergantung usia mereka) mewarnai sebuah kertas kerja.
3. Biarkan mereka berjalan-jalan
Beberapa siswa bekerja lebih baik bila mereka boleh beristirahat diantara serangkaian tugas, dan boleh melakukannya dengan gaya mereka sendiri (berjalan-jalan, meregangkan tubuh, atau sekedar berhenti bekerja). Adapula yang perlu beristirahat dengan berjalan selama beberapa detik sampai 15-20 menit. Siswa bahkan ada yang perlu berjalan sepanjang gang di sekolah sekali atau dua kali, sementara beberapa yang lain cukup senang bila boleh berjalan di dalam kelasnya sendiri. Guru-guru yang khawatir siswanya kehilangan waktu pembelajaran, bisa memberikan siswanya tugas yang berkaitan dengan materi justru pada saat siswa sedang berjalan kesana kemari. Misal, guru sebuah kelas meminta siswanya melakukan riset di perpustakaan pada saat siswanya tersebut sedang mengambil istirahat sambil berjalan-jalan.
Guru lain yang menyadari pentingnya gerakan yang sering serta adanya interaksi memutuskan untuk menawarkan "kesempatan bergerak" kepada semua siswa. Ia secara berkala memberikan siswa-siswanya bantuan untuk berdikusi (misal, Apa yang kalian tahu tentang bursa efek? Apakah itu statistik?) dan lalu mengarahkan mereka untuk 'berjalan dan bicara' kepada seorang siswa lain. Sesudah 10 menit bergerak, ia mengumpulkan siswanya kembali lalu menanyakan kepada mereka berbagai hal sehingga terjadi diskusi hasil percakapan mereka.
4. Beri pilihan tempat duduk
Tempat duduk yang tepat mungkin bukan hal pertama yang dipertimbangkan guru ketika ia membuat perencanaan bagi siswa autistik. Tetapi untuk beberapa siswa, jenis perabot kelas yang tepat menjadi kunci utama keberhasilan dan kenyamanan mereka.
Salah satu siswa saya tidak dapat mentolerir duduk di kursi yang keras yang ada di setiap kelas, sehingga gurunya membiarkannya membawa bantal ke dalam kelas. Siswa lain sering memilih duduk di lantai (dimana ia bisa menyangga dirinya dengan dua bantal besar) sehingga beberapa kali sehari ia diperbolehkan duduk di "sarangnya" (begitu nama yang ia berikan bagi tempat duduknya yang unik tersebut) atau di mejanya (dimana ia duduk di atas bantal kecil). Memberikan beberapa pilihan tempat duduk di kelas dapat meningkatkan pengalaman belajar semua siswa. Pilihan tempat duduk sangat menarik bagi semua siswa. Antara lain: sofa, kursi goyang, tempat duduk dengan bantalan, bantal-bantal atau alas duduk di lantai dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar